DATE

Sabtu, 18 Maret 2023

PROMPT #8

Ibadah merupakan hal yang wajib dilakukukan oleh setiap umat beragama, yaitu dengan cara mentaati perintahnya dan menjauhi larangannya. Kami sebagai keluarga muslim, ibadah wajib yang kami lakukan adalah shalat dan kami pun mengajarkan itu kepada anak kami. Shalat merupakan ibadah yang perlu kami kenalkan sejak dini kepada anak kami, di sekolah TK dia sudah mulai belajar untuk bacan-bacaan shalat dan tata caranya. Pendampingan dalam beribadah yang saya lakukan di rumah ialah dengan cara melakukan ibadah bersama seperti shalat berjamaah, mengulang doa -doa yang sudah diajarkan di sekolah TK nya, terkadang saya juga meminta dia untuk mempraktikan gerakan shalat dan bacaannya. Untuk ibadah mengaji sendiri masih sebatas pelajaran di sekolahnya saja, saya belum mengikutsertakan dia dalam pengajian di lingkungan rumah.
Alhamdulilllah perkembangan ibadah yang dilakukan anak saya mulai terlihat perkembangannya, sekarang dia sudah mulai hapal semua gerakan shalat dan bacaannya, walau masih ada beberapa yang kadang dia suka lupa. Walaupun sudah hapal gerakan shalat dan bacaannya , terkadang anak kami masih belum bisa untuk konsisten menjalankan shalat 5 waktunya. Selain ibadah wajib yang sudah mulai kami ajarkan seperti shalat 5 waktu, kami juga pelan pelan mulai mengajarkan ibadah lainnya seperti berpuasa di bulan Ramadhan, taraweh dan kebetulan dia mendapatkan buku kegiatan selama bulan Ramadhan dari sekolah TK nya.

Harapan saya terhadap keterampilan anak dalam beribadah setelah dia masuk SD bisa menjadi lebih baik lagi, istiqomah dan menjadi anak yg solehah.  


   





Tidak ada komentar:

Posting Komentar