DATE

Kamis, 16 Maret 2023

Prompt #5

Banyak sekali manfaat dari bersosialisasi terutama untuk anak-anak , dengan anak bersosialisai dapat menumbuhkan rasa empati , dan juga dapat memudahkan anak kelak jika berada di lingkungan baru. Kami selalu menginginkan anak kami dapat bersosialisasi dengan teman - temannya baik di sekolah maupun di rumah, karena dengan bersosialisai baik untuk pertumbuhan anak dari segi emosi maupun motoriknya. Saya memberikan dia kesempatan dengan membiarkan dia bermain dengan teman-temannya diluar rumah, walau sering saya lihat  dia selalu dibully oleh teman-temannya dan saya selalu mengajarkan untuk melawan bullyan tersebut walau akhirnya dia menangis. Kami pun terkadang suka mengajak dia untuk bermain dia area outdoor ataupun playground agar dia bertemu dengan teman baru dan menumbuhkan keberanian serta rasa percaya diri untuk berkenalan dengan teman barunya walau dia masih suka merasa malu dan belum percaya diri.

Dalam bersosialisasi terdapat komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lainnya, yang perlu dikembangkan dalam diri anak saya mengenai interaksi adalah keberanian dan kepercayaan dirinya, terkadang dia masih belum berani untuk menyapa terlebih dahulu atau masih malu - malu untuk menjawab pertanyaan yang temannya berikan. Perkembangan komunikasi pada anak kami yang saya amati masih belum tertata dengan rapih seperti ketika kita sedang berbicara dua arah, dalam hal menyampaikan atau menceritakan kembali suatu kejadian belum dapat menceritakan secara berurutan dari A sd Z. Sehingga yang perlu dikembangkan lagi dalam hal komunikasi adalah dengan sering memberikan dia stimulasi yaitu dengan sering mengajak dia berkomunikasi, bercerita, lalu kami minta untuk dia menceritakan kembali, tanya jawab dan diberikan tanggung jawab tigas-tugas rumah yang mudah misal dengan melibatkan dia dalam memasak, mengembalikan handuk sendiri usai dia mandi dan merapihkan mainan setelah dia bermain.

Harapan saya jika anak saya masuk SD , saya ingin anak saya menjadi lebih mudah dalam hal bersosialisai dengan lingkungannya baik di sekolah maupun di rumah. Menjadi pribadi yang berani dan percaya diri dalam menyampaikan sesuatu atau pendapatnya serta mempunyai jiwa sosial yang tinggi dan rasa empati terhadap orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar