DATE

Jumat, 17 Maret 2023

Prompt #6

Buku berjudul "Dimana Induk Ayam" akhirnya bisa kami pinjam untuk kami bawa pulang, sepanjang perjalanan anak saya sudah tidak sabar untuk membukanya. Sesampainya di rumah saya coba menceritakan buku tersebut terlebih dahulu dikarenakan anak saya belum lancar membaca. Selama saya menceritakan buku tersebut dia nampak dengan serius mendegarkannya, selain saya menceritakan saya pun ikut melibatkan dia dalam membaca cerita. Setelah saya selesai membacakan buku cerita tersebut, saya meminta dia untuk menceritakan kembali apa yang tadi saya bacakan. Reaksi mengejutkan pun datang dari multunya yg mungil " sini aku bacakan lagi bukunya, tapi menurut aku aja ceritanya bun , karena aku kan belum bisa baca" . Akhirnya dia pun membacakan kembali alur cerita buku Dimana Induk Ayam, dengan bermodalkan melihat gambar - gambar yang ada di buku tersebut dan digabung dengan hasil dari dia mendengarkan cerita saya. 

Kemampuan literasi anak saya masih belum begitu lancar dan mengenai pemahaman juga blm sepenuhnya dimengerti oleh dia, dalam hal mengembangkan literasinya saya mencoba untuk sering mengajak dia untuk bercerita bagaimana dia di sekolah, hari ini melakukan apa di sekolah. Selain itu saya pun mencoba untuk membacakan buku cerita dan meminta dia untuk menceritakan kembali.

Harapan saya kelak dia masuk SD bisa menjadi lebih baik lagi literasi dan kemampuan pemahamannya, karena di tingkat SD sudah mulai begitu banyak pertanyaan - pertanyaan yang kompleks dalam pelajaran ataupun  sosialisi dengan teman - temannya.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar